Radang Paru

Standard

penyakit paru-paru basah

Ketika udara yang kita hirup mengandung kuman, sistem kekebalan tubuh kita melindungi paru-paru dari infeksi. Faktanya, bakteri dan virus yang dapat menimbulkan radang paru biasa ditemukan dalam udara yang kita hirup, tetapi tubuh kita mencegahnya memasuki paru-paru kita dan menimbulkan masalah. Terkadang kuman dapat melewati pertahanan sistem pernafasan menyebabkan radang paru.

Bronkopneumonia adalah peradangan paru. Peradangan adalah tanggapan sistem kekebalan normal terhadap cidera atau pencemar. Kuman, bakteri dan virus adalah pencemar dan dapat menyebabkan peradangan. Ketika seseorang menderita radang paru, jaringan parunya dipenuhi nanah dan lendir. Ini menyulitkan oksigen mencapai aliran darah. Dengan radang paru, seseorang mengalami batuk dan demam dan bahkan kesulitan bernafas.

Ada lebih dari 50 jenis radang paru. Bakteri menyebabkan radang paru bakterial. Virus menyebabkan radang paru viral. Jamur dan kuman lain menyebabkan radang paru menular yang lain. Radang paru dapat mengenai satu atau kedua paru. Ketika mengenai kedua paru, ini terkadang disebut radang paru dupleks.
• Radang paru didapat di masyarakat merujuk ke radang paru yang anda dapatkan, atau didapat, dari masyarakat sekitar anda, seperti di sekolah, tempat kerja atau ruang olahraga.
• Radang paru di dapat di rumah-sakit atau radang paru nosokomial adalah radang paru serius yang didapat di rumah-sakit atau fasilitas kesehatan.
• Radang paru aspirasi terjadi ketika apapun selain udara memasuki paru-paru. Sebagai contoh ketika seseorang tak dapat mencegah muntahnya memasuki paru-paru. Penderita cidera otak atau kondisi lain yang mempengaruhi kemampuannya untuk menelan sangat mungkin muntah atau makanan turun ke trakea dan ke paru-paru. Ketika muntah, makanan atau cairan, selain dari air bersih, memasuki paru, menyebabkan reaksi kimia yang mengarah ke peradangan paru-paru. Seringkali peradangan ini membuat bakteri berkembang-biak dan membuat radang paru memburuk.
• Radang paru berjalan merujuk ke radang paru yang ringan sampai-sampai anda tak tahu mempunyainya. Anda tetap bisa berjalan-jalan dengan radang paru jenis ini.

Tanda dan gejala radang paru sangat berbeda-beda, tergantung pada kondisi lain yang anda punyai dan apa penyebab infeksinya. Ada beberapa gejala radang paru, dan beberapa diantaranya, seperti batuk atau radang tenggorokan, berhubungan dengan infeksi yang lazim. Seringkali, seseorang mendapat radang paru setelah mereka terkena flu atau infeksi saluran nafas atas seperti pilek. Kebanyakan orang mengalami, meskipun tidak semua, gejala radang paru berikut: Demam, Menggigil, Batuk, Nafas memburu, Mengi, Sulit bernafas. Gejala radang paru yang jarang adalah: Nyeri dada atau perut, Kehilangan nafsu makan, Letih dan Muntah.

Ketika bakteri menyebabkan radang paru, penderita sakit secara mendadak, disertai demam tinggi dan kesulitan bernafas. Ketika virus menyebabkan radang paru, gejalanya biasanya muncul bertahap dan kurang berat.

Apabila anda berpikir menderita radang paru, jangan ragu mendapatkan pengobatan. Radang paru berat dapat mengancam jiwa. Carilah dokter segera apabila anda mengalami gejala berikut dan menetap: Batuk, Sesak nafas, Nyeri dada setiap kali bernafas, demam – terutama demam 39° C atau lebih selama 2 hari atau lebih. Disertai menggigil dan berkeringat, dan apabila anda merasa memberat setelah pilek atau flu

Ketika kuman penyebab radang paru teridentifikasi, rencana pengobatan dibuat dengan ditujukan ke kuman tersebut. Orang dengan radang paru bakterial atau atipikal mungkin diberikan antibiotik untuk diminum di rumah. Apabila anda terkena radang paru jenis ini, anda akan juga membutuhkan banyak rehat dan minum banyak air. Meminum cairan, terutama air, mencegah anda dari kekurangan cairan dan juga membantu mengencerkan lendir di paru-paru anda. Ada obat antiviral yang dapat mengurangi beratnya infeksi virus tertentu apabila diminum 1 sampai 3 hari pertama setelah gejala muncul. Minum obat sebagaimana dianjurkan. Menghentikan pengobatan terlalu cepat dapat membuat radang paru anda kambuh dan anda memunculkan bakteri kebal-antibiotik. Patuhi instruksi pemakaian obat dan minumlah dosis obat tepat waktu.

Dengan pengobatan, kebanyakan jenis radang paru disembuhkan dalam 1-2 minggu. Untuk radang paru berat, mungkin diperlukan waktu lebih lama untuk sembuh sempurna. Meskipun anda merasa membaik, paru-paru anda mungkin masih terinfeksi. Sangat penting membolehkan dokter memantau kemajuan anda.

Kuman penyebab berbagai jenis radang paru dapat menular dan menyebar melalui batuk dan bersin. Mencegah radang paru selalu lebih penting daripada mengobatinya. Anda dapat mencegah radang paru dengan mengikuti kebiasaan kebersihan yang baik: Batuk atau bersin ke kertas tisu, Gunakan gelas-piring terpisah, Cuci tangan dengan air sabun, Gunakan pencuci-tangan berbasis alkohol ketika sabun dan air tak tersedia.

Jangan kunjungi penderita radang paru. Apabila anda menderita radang paru, jangan mengunjungi orang tua, bayi atau orang sakit. Beberapa jenis radang paru terjadi ketika sistem kekebalan melemah. Untuk mencegah radang paru jenis ini, ikuti nasihat untuk tetap sehat dan menjaga sistem kekebalan tetap siaga: Makan makanan sehat, Cukup tidur, Hindari merokok, Olahraga, Kurangi kecemasan. Tidak minum alkohol berlebihan, dan bayi mendapat vaksin rutin dan vaksin flu. Vaksinasi flu disarankan karena radang paru seringkali muncul sebagai komplikasi flu. Vaksinasi radang paru disarankan untuk orang usia 65 atau lebih dan mereka yang mengidap penyakit menahun. Vaksinasi flu disarankan setahun sekali.

gejala paru-paru basah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s